Pendekatan Pembelajaran

Pada pendekatan subjek akademik menggunakan bidang studi atau mata pelajaran sebagai dasar organisasi kurikulum, misalnya PAI, PKn, matematika, sains, sejarah, geografi, atau IPA, IPS, dan sebagainya seperti yang lazim didapati dalam sistem pendidikan sekarang ini disemua sekolah dan perguruan tinggi.
Yang diutamakan dalam pendekatan ini adalah penguasaan bahan dan proses dalam disiplin ilmu tertentu. Karena setiap ilmu pengetahuan memiliki sistematisasi tertentu dan berbeda dengan sistematisasi ilmu lainnya. Pengembangan kurikulum subyek akademik dilakukan dengan cara menetapkan terlebih dahulu mata pelajaran apa yang harus dipelajari peserta didik, yang diperlukan untuk (persiapan) pengembangan disiplin ilmu.
Dari pendekatan subjek akademik ini diharapkan agar peserta didik dapat menguasai semua pengetahuan yang ada di kurikulum tersebut. Karena kurikulum sangat mengutamakan pengetahuan maka pendidikan lebih bersifat intelektual. Kurikulum subjek akademik tidak berarti hanya menekankan pada materi yang disampaikan, dalam perkembangannya secara berangsur-angsur memperhatikan proses belajar yang dilakukan siswa. Proses belajar yang dipilih sangat bergantung pada hal apa yang terpenting dalam materi tersebut.

Pendekatan humanistik adalah pendekatan secara individual dan secara kemanusiaan dalam hal ini pendekatan dilaksanakan sesuai degan kapasitas dan kemampuan dari subyeknya, sehingga pendekatan ini dianggap paling ideal karena lebih menekankan kepada kemanusiaan, tidak memaksakan di luar kapasitas dan kemampuannya.


Pendekatan teknologi adalah pendekatan menggunakan kemajuan teknologi yang terkini, sehingga pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kemajuan jaman, penggunaan teknologi dalam pembelajaran sudah merupakan keharusan, penguasaan guru dan siswa dalam teknologi juga harus berimbang agar dalam komunikasi tidak terjadi perbedaan yang mengganggu proses pembelajaran.


Pendekatan rekonstruksi sosial mengacu pada lingkungan sekitar, sosial dan kemasyarakatan. Pendekatan ini lebih terbuka dalam hal masukan dan juga perubahan secara cepat tergantung dari lingkungan dan kondisi saat digunakan, rekonstruksi sosial dapat dilaksanakan dengan kombinasi dengan pendekatan lain agar mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih baik, oleh karena itu diperlukan dukungan dan juga bantuan dari berbagai pihak yang terkait.

Komentar

Unknown mengatakan…
Ok...

This might sound kind of weird, maybe even a little "strange"

WHAT if you could simply push "PLAY" and LISTEN to a short, "musical tone"...

And suddenly bring MORE MONEY to your life?

And I'm talking about BIG MONEY, even MILLIONS of DOLLARS!

Sound too EASY? Think it couldn't possibly be REAL???

Well, I'll be the one to tell you the news.

Sometimes the most magical miracles life has to offer are the SIMPLEST!

Honestly, I will PROVE it to you by allowing you to PLAY a real-life "miracle money tone" I've produced...

And do it FREE (no strings attached).

You simply press "PLAY" and watch money coming right into your life... starting almost INSTANTLY...

CLICK here now to PLAY the mysterious "Miracle Wealth Building Tone" - as my gift to you!

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP