Outing Class II SMPN 2 Kemang

Perjalanan belajar siswa kelas 8 SMPN 2 Kemang kali ini merupakan tugas beberapa mapel terkait, tujuan kali ini sekitar Bogor, di mulai dari peternakan sapi di daerah Pamijahan kab. Bogor kemudian dilanjutkan ke SMKN 2 Kab. Bogor yang merupakan sekolah kejuruan musik dan diakhiri di kampung batik Cibuluh Bogor, perjalanan dimulai dari jembatan timbang Kemang depan Yadika Bogor dan tepat jam 6.30 rombongan diberangkatkan yang terdiri dari 2 bus wisata besar dengan peserta sebanyak 100 orang yang terdaftar namun 2 orang tidak bisa ikut karena ada keperluan lain, bis 1 didampingi oleh Pa Paiman, Pa Asep dan Bu Iceu, bis 2 didampingi oleh Pa Endar, Pa Dedi dan Pa Yones, sedangkan Kepala Sekolah ibu Ai Mulyani menyusul karena ada tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Tujuan pertama kami adalah peternakan sapi KPS yang terletak di kecamatan Pamijahan, lokasi ini merupakan wilayah gunung Salak yang masih hijau dan asri, dahulu peternakan sapi sangat banyak di wilayah ini, peternakan sapi yang kami kunjungi adalah peternakan sapi perah yang hasil utamanya adalah susu sapi segar, satu sapi produktif bisa menghasilkan sekitar 10-12 liter susu segar murni yang diperah 2 kali, pagi hari sekitar jam 5 dan sore hari sekitar jam 4, seluruh hasil susu langsung dipasteurisasi di komplek peternakan dan didistribusikan ke indomilk dan beberapa tempat sekitar Bogor dan Tangerang untuk diolah menjadi yoghurt, permen susu dan produk lainnya. Menjelang jam 11 kami berangkat menuju ke SMKN 2 Cibinong untuk menikmati sajian pagelaran musik. Sepanjang perjalanan menuju Cibinong kami menikmati alunan musik sambil bernyanyi ceria, diselingi dengan beberapa anak yang mulai mabuk bis. Di daerah Yasmin bis berhenti sebentar untuk menjemput makan siang.

Menjelang jam 1 siang kami sampai di SMKN 2 Cibinong, sekolah kejuruan di kabupaten Bogor dengan beberapa jurusan.
Sekolah ini juga disebut sebagai Sekolah Menengah Musik (SMM) dan memiliki dua program studi utama, yakni seni pertunjukan dan Kompetensi, sementara program studinya adalah seni musik klasik dan karawitan, aliran musik yang dipelajari di sekolah ini adalah seni musik klasik dan musik karawitan. Juga ada tiga inti mata pelajaran yaitu adaptif, normatif dan produktif. Kami disambut oleh siswa SMK, kepala sekolah dan guru SMKN 2 Cibinong dan pak Haryanto yang sudah hadir lebih dahulu, dimulai dengan perkenalan, sambutan kepala sekolah smkn 2 Cibinong, kepala smpn 2 Kemang dan penampilan kwartet violin yang memukau, kemudian penjelasan dari ibu Citra guru SmKN 2 Cibinong tetang semua alat musik yang ada di gunakan saat pagelaran, dilanjutkan dengan persembahan orkestra musik klasik dari SmKN 2 Cibinong, sangat mengesankan penampilan kali ini sampai akhirnya kami akan melanjutkan kunjungan terakhir ke kampung Batik Cibuluh Bogor.

Perjalanan ke Cibuluh hanya memerlukan waktu 30 menit, lokasinya ada di belakang polsek Sukaraja, namun kami harus berjalan kaki menyusuri jalan kampung yang sangat menarik karena setiap pagar rumah dan tembok dicat berwarna-warni dengan motif batik yang indah. Sampai di kampung Batik seluruh peserta mendapat info tentang batik dilanjutkan dengan praktek langsung membuat batik. Ada beberapa teknik pembuatan batik, dipola dan digambar langsung dengan menggunakan canting dan dengan teknik dicetak, semua sangat antusias dan semangat membuat karya batiknya, proses setelah dicetak adalah pencelupan warna kemudian dilanjutkan dengan pencucian agar sisa warna yang ada di kain bersih dan menghasilkan batik yang baik terakhir dikeringkan. Menjelang sore kami kembali menuju bus untuk pulang ke Kemang.

Perjalanan kali ini walaupun sangat singkat namun padat pengetahuan dan pengalaman, kerjasama dengan pihak terkait sangat baik dan menjadikan studi lapangan 2 tidak kalah menarik dengan studi lapangan 1, semoga kegiatan di SMPN 2 Kemang selalu menjadi yang terbaik dan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk siswa dan siswinya.

#artikel_sl2
#aki_101119

Komentar

Unknown mengatakan…
Strange "water hack" burns 2 lbs in your sleep

More than 160k women and men are hacking their diet with a easy and secret "liquid hack" to burn 2 lbs every night while they sleep.

It is effective and works all the time.

Here are the easy steps for this hack:

1) Get a clear glass and fill it with water half full

2) And then follow this weight loss HACK

and be 2 lbs skinnier when you wake up!

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP