Tulisan Sampah

Membuat tulisan kadang menjadi kesulitan untuk yang belum biasa membuat tulisan, tapi untuk orang tertentu yang produktif membuat tulisan adalah sesuatu yang sangat mudah, dimanapun, kapanpun disituasi apapun bisa saja membuat tulisan. Tulisan yang serius maupun tulisan yang tidak seriuspun dengan mudah dibuatnya, bahkan ada beberapa penulis yang membuat tulisan panjang dan berat hanya dalam waktu beberapa menit saja. Kemampuan menulis yang seperti ini didapat karena memang sudah terbiasa dan menjadi 'passion', jadi menulis untuk penulis seperti ini adalah hal yang sangat mudah.

Kenapa kita sulit untuk menulis? ternyata jawabannya kembali ke kita sendiri, pertanyaan yang harus dijawab oleh kita yang memang mau menulis, atau memang menulis belum menjadi kewajiban, keterpaksaan ataupun kebutuhan, sebab menulis iseng atau tidak punya tujuan untuk menulis juga tidak akan menghasilkan tulisan yang baik, menulislah untuk kebaikan orang banyak, tulisan yang bermanfaat, tulisan yang berbobot dan tulisan yang bisa menginspirasi orang lain, jangan sampai kita membuat tulisan sampah, yang lebih berbahaya lagi adalah tulisan hoax, menghasut, menjelek-jelekkan orang lain ataupun tulisan yang bisa memicu pertengkaran atau kondisi lain yang tidak membuat kita dan orang lain menjadi nyaman.

Biasanya penulis pemula merasa tulisannya akan menjadi tulisan sampah, tulisan yang tidak akan dibaca orang lain, untuk membuat tulisan kita tidak menjadi tulisan sampah maka harus diperhatikan hal-hal berikut:
1. Judul tulisan yang menarik, eye cathcing dan membuat orang penasaran akan isi tulisan.
2. Menulis dengan bahasa sederhana, bahasa yg mudah dicerna kalangan yang kita masuki.
3. Gunakan kosa kata yang umum, tidak perlu istilah ilmiah bahkan istilah asing yang membuat orang bingung, bila terpaksa memggunakannya sebaiknya diberikan penjelasan tentang arti kata tersebut.
4. Jangan membuat tulisan terlalu panjang dan bertele-tele, orang lebih tertarik membaca tulisan yang simpel namun padat berisi.
5. Sebaiknya tidak memposting tulisan terlalu sering, tidak semua orang mau membaca tulisan yang sama atau temanya tidak jauh berbeda dengan tulisan sebelumnya. Sebaiknya simpan dulu tulisan anda dan cari waktu yang tepat.
6. Buat tulisan dengan tema kekinian, bila ingin membuat tulisan yang bertema lawas sebaiknya dibuat alur tulisan yang menarik.

Jadi jangan pernah takut untuk menulis, jangan pernah membuat tulisan sampah karena kita bukan jenis pembuat tulisan sampah, hanya penulis yang baik bisa menghargai karya penulis lain dengan memberikan masukan serta saran dan mengkritisi dengan memberikan solusi, tidak menghakimi dan menzalimi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP