Kampung Bekelir Tangerang

Ternyata Kota Tangerang punya kampung keren di sebelah Cisadane Walk yaitu kampung bekelir, kampung unik warna warni seperti beberapa daerah di Indonesia, Bandung, Malang, Semarang Sutabaya dan masih banyak lagi. Diresmikan tanggal 19 November 2017, disponsori secara penuh oleh PT. Pacific Paint, RW 01 Kelurahan Babakan di kota Tangerang yang dihiasi oleh seniman dari berbagai daerah Indonesia, juga dari Jerman, ada lebih dari 100 seniman yang membantu menghias kampung yang tadinya kumuh tidak menarik menjadi indah dan memikat hati, ribuan gambar menghiasi tembok, pintu bahkan jalan yang ada di sini.

Warga sama sekali tidak mengeluarkan biaya untuk mengecat rumahnya, bahkan pemerintah kota Tangerangpun tidak mengeluarkan dana untuk pengerjaan kampung bekelir ini. seluruh biaya cat minyak, cat tembok, cat genteng hingga kusen disponsori oleh Pacific Paint yang didukung oleh pemerintah agar Kota Tangerang memiliki tempat wisata yang menarik bagi para pengunjung.

Kampung Bekelir kini memiliki wajah baru, proses pembuatannya pun hanya memakan waktu selama 4 bulan dengan didatangkan sebanyak 100 seniman dari berbagai kota seperti Yogyakarta, Cilacap, Bandung, Garut, Tasik, Semarang, Pekanbaru dan masih banyak lagi. Tak hanya seniman dari Tangerang dan Depok saja yang ikut serta membuat Kampung Bekelir lebih dilirik oleh para pengunjung. Bahkan ada seniman yang berasal dari Jerman pun turut ikut membantu

Ada yang lucu dari tiap lukisan yang terpampang di dinding rumah warga, katanya ada seniman iseng yang membuat lukisan Pak Lurah Kampung Bekelir yang bernama Pak H. Abu Sofiyan, SE, Msi dengan raut wajah yang sangat nyata seperti aslinya. Benar saja, wajahnya sangat mirip seperti yag ada dilukisan. Memang street art yang didatangkan langsung dari tiap kota memiliki keahlian khusus yang luar biasa. Adapun penggagas ide Kampung Bekelir antara lain adalah Pak Ibnu Jandi, S.Sos, MM seorang konseptor dan pemerhati masalah kebijakan publik dan sebagai penggerak dilapangan.

Kampung Bekelir berlokasi di Kampung Babakan, Jl Perintis Kemerdekaan. No. 16. RW I Kota Tangerang yang berjumlah 300 rumah warga secara sukarela rumahnya dilukis oleh street art yang didatangkan dari berbagai kota. Kampung Bekelir bisa dijadikan suatu kebanggaan bagi Tangerang karena kampung yang penuh warna ini telah mendatangkan banyak pengunjung. Bahkan tak hanya Kampung Bekelir saja yang bisa kalian kunjungi melainkan Klenteng Tua Boen Tak Bio, Pasar Lama Tangerang, Citiwalk Kali Cisadane, Taman Gajah Tunggal, Taman Potret, Taman Bambu, Taman Cikokol hingga wisata kuliner di Taman Laksa.

Tidak ada biaya untuk tiket, ada beberapa spot yang menarik yang bisa dikunjungi, bisa selfie atau juga ada oleh-oleh khas Tangerang. ayo segera kunjungi dan rasakan sensasi berbeda di Kampung Bekelir di Tangerang Banten.

#Aki_banten_backpacker
6-3-18

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP