DURIAN

Siapa yang tak kenal buah ini?, saat musim durian telah tiba, butir-butir buah berduri ini mudah ditemui di pinggir jalan, tempat yang dilalui kendaraan berlalu lalang, durian yang harum serta aroma semerbak menggoda, mengajak sekedar mampir mencicipi rasa durian yang manis, legit, harum dengan sensasi rasa yang tidak dapat diperoleh dari buah manapun, seringkali disebut sebagai rajanya buah, buah yang jadi primadona pada musimnya, dirindukan saat tidak musim.

Namun seringkali kita menemukan orang yang tidak menyukai buah durian, jangankan memakan buahnya, mencium harum yang kata mereka baunya saja mereka sudah mual, muak bahkan sampai ada yang muntah, mereka dengan terang-terangan benci buah durian. saat ada buah durian mereka akan menutup hidung, menjauh bahkan tidak ingin melihat bentuk rupa durian, sungguh terlalu, maaf para pembenci durian.

Durian ada bermacam ragam jenisnya, durian terbagi dua saja yaitu durian lokal dan durian impor, namun ternyata durian ada bermacam ragam, yang kita sering temui adalah durian monthong atau dulu dikenal dengan nama durian bangkok, sejarah buah-buah bangkok ini terkenal sejak dahulu, sebutan ini untuk buah ataupun hewan yang dulu memang didatangkan dari Bangkok, ibu kota negara Thailand, sebutan ini untuk buah atau hewan yg berbeda bentuk dan posturnya dari produk lokal, misalnya jambu biji Bangkok, pepaya Bangkok, ayam bangkok, durian bangkok dan lainnya, konon kabarnya dibawa oleh orang Indonesia yang berkunjung ke Bangkok dan dibawa ke Indonesia, sehingga julukan itu masih menempel kepada benda-benda yang berukuran besar yang sering disebut dengan berakhiran Bangkok. Namun sekarang karena terjadi pembiakan dan perkawinan silang maka nama bangkok sudah mulai tergantikan dengan sendirinya seperti durian monthong. Monthong sendiri artinya adalah bantal emas mengapa demikian? karena durian monthong saat dibuka bentuk buahnya akan mirip dengan bantal emas, kuning keemasan dan tidak begitu menyengat harumnya, dengan biji buah yang tidak terlalu besar, malah kadang-kadang kecil, daging buah tebal, tidak terlalu manis sekali,  serta kulit buah yang tidak terlalu tebal, berbeda dengan durian lokal yang berbiji besar dan berkulit besar namun daging buahnya tipis dan kadang berwarna kuning pucat cenderung putih dengan aroma menyengat khas durian. Tapi menurut sejarah durian monthong asalnya adalah durian asli Indonesia yaitu durian sukun yang berasal dari Karanganyar Jawa Tengah, bibit nya dibawa ke Thailand dan dikembangkan di sana sehingga kita yang mengimpor Monthong dari Thailand, sedangkan indukan aslinya sendiri di karanganyar sudah hampir punah karena tinggal sedikit sekali pohon durian sukun yang merupakan indukan asli monthong, tidak percaya? silahkan cek di sini  https://alamendah.org/2015/03/09/benarkah-durian-montong-berasal-dari-thailand/

Selain durian Monthong ada lagi durian musang king, durian ini asli dari Malaysia. Durian Musang King saat ini dianggap sebagai salah satu jenis durian terbaik di Malaysia. Ini yang paling dicari, diinginkan dan mahal dari semua varietas durian. Durian musang king dijual seharga lebih dari dua kali harga sebuah durian atas rata-rata. Buah durian musangking memiliki keunggulan dengan dagingnya berwarna kuning cerah seperti warna kunyit, tekstur dagingnya lembut dengan sedikit lebih kering. Salah satu ciri khas dari buah durian musangking adalah Buahnya berbentuk oval dengan bagian bawah berwarna Kecoklatan bintang lima titik. durinya runcing berbentuk huruf V, Untuk mahkotanya cenderung berkumpul di pangkal batang, membentuk cincin botak di sekitar batang. Untuk soal rasa, tidak perlu diragukan lagi, buah durian musangking pasti juaranya. Buah durian musangking mempunyai sedikit rasa pahit, creami dengan sedikit lengket.

Mungkin selintas dulu saja tentang durian ini, namun memang harga durian monthong dan musangking hanya terjangkau untuk mereka yang sudah tidak peduli dengan harga, untuk durian lokal banyak pilihannya, mulai dari durian Medan yang tak kenal musim, Palembang, Lampung, Lebak, Bogor, Rancamaya, dan banyak jenis sampai ke Papua, masing-masing punya rasa dan aroma berbeda, tinggal kita hati-hati saat makan durian, saat makan memang sangat nikmat namun saat bayar baru kita akan kena penyesalan, yang terbaik dan enak adalah durian gratis. Untuk yang ingin tahu lebih banyak tentang durian silakan kunjungi 

https://jualbibitdurianmusangkingunggul.wordpress.com/tag/keunggulan-durian-musangking/

#artikel_aki
210218

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP