"Buku" Amunisi Guru



Membaca merupakan satu kewajiban untuk seluruh manusia, tanpa membaca banyak sekali hal yang tidak akan dapat diselesaikan. Dalam hal ini membaca untuk seorang guru mutlak diperlukan, guru yang jarang atau bahkan malas membaca akan menjadikan guru tersebut stagnan atau diam di tempat pengetahuannya, dari zaman yang terus berubah dan berkembang banyak sekali hal yang harus diperbaharui dengan membaca, hal sederhana untuk guru kepada anak didiknya, mengetahui apa saja yang harus disiapkan dalam memberikan pengetahuan kepada peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya.

Buku merupakan jawaban atas apa saja yang belum kita ketahui, karena buku merupakan catatan yang memang diperuntukkan untuk dibaca kembali, buku yang bermanfaat adalah buku yang sering dicari dan digunakan sebagai referensi, mulai dari awal mengenal huruf sampai profesor pasti membutuhkan buku sebagai jembatan untuk menambah pengetahuan, seperti tentara yang membutuhkan amunisi untuk berperang, seorang guru juga membutuhkan buku sebagai 'amunisi' untuk melaksanakan kewajibannya.

Sesuai perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan maka buku juga banyak mengalami kemajuan, E-book misalnya buku yang memang disiapkan dalam era digital ini, kita tidak perlu butuh waktu lama untuk mencari buku yang kita perlukan, hanya dalam genggaman tangan kita buku apapun dapat kita peroleh dengan mudah, namun ada kalanya E-book tidak dapat kita peroleh dengan gratis, kita harus membayar sebelum bisa membaca buku tersebut, namun banyak hal yang dapat kita peroleh dengan E-book ini, diantaranya penyimpanan yang lebih mudah, praktis tidak membutuhkan tempat khusus, apalagi untuk buku yang mempunyai jumlah halaman yang banyak. Selain itu kita juga dapat memperoleh buku yang harganya lebih murah dibanding buku yang dicetak, karena E-book tidak perlu dicetak ke kertas biasa, cukup dalam bentuk digital. Kita tetap bisa menghargai karya pembuat bukunya dengan membeli bukunya.

Guru yang baik selalu mempersiapkan apa yang akan diberikan kepada peserta didiknya, apa yang akan diberikan sudah dipersiapkan dengan baik, tidak hanya mengikuti buku pegangan apalagi LKS, guru harus dapat memberikan yang terbaik, persiapkan dengan banyak membaca buku, menambah pengetahuan dan lainnya. Lebih baik lagi bila guru dapat menerapkan hal yang baru dan baik berdasarkan hasil membacanya.

Untuk membaca buku banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya membeli secara rutin buku-buku yang penting, atau sekali waktu luangkan beberapa saat untuk mengunjungi perpustakaan sekolah, banyak sekali buku bagus yang bisa dibaca, bila dirasa masih kurang kita bisa mengunjungi perpustakaan nasional, atau sudah ada aplikasi ipusnas di android tentang perpustakaan nasional yang punya banyak buku bagus, bisa juga kita kunjungi perpustakaan daerah yang minim sekali pengunjungnya padahal jutaan buku menunggu di sana untuk dibaca. Bisa juga kunjungi teman yang punya koleksi buku yang bagus dan banyak, anda bisa meminjamnya atau ikut membaca di rumahnya sambil bersilaturahim, bila anda meminjamnya jangan lupa untuk mengembalikan dengan baik, bukunya jangan sampai rusak apalagi sampai hilang, bisa juga kita barter buku agar pengetahuan tetap dapat berkembang. Kunjungi TBM terdekat, lihat dan ikut membaca di sana, kalau perlu sumbang buku agar koleksi TBM makin banyak.

Jadi tunggu apalagi? perkaya pengetahuan guru dengan membaca buku, penuhi 'amunisi' guru sebagai senjata yang ampuh menghadapi perkembangan zaman, selalu mencari hal baru, bahkan banyak sejarah masa lampau yang perlu kita tahu agar jangan sampai salah menerangkan kepada anak didik kita.

#Geliat Komed 6
Aki_241217

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP