Menulis Artikel Pendidikan


Sebelum kita masuk tentang artikel pendidikan maka sebaiknya kita memahami terlebih dahulu tentang artikel itu sendiri.

_Pengertian Artikel_

Secara umum artikel di artikan sebagai _karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur._

_Ciri-Ciri Artikel_

1. Isi tulisan didasari oleh fakta bukan sekedar mitos yang belum terjamin kebenarannya.
2. Bersifat faktual dan informatif, mengungkapkan informasi yang berdasarkan hasil – hasil penelitian yang telah dilakukan, dan dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.  Artikel ilmiah juga memiliki opini atau analisa pemikiran – pemikiran penulis. Akan tetapi, pemikiran itu dikuatkan / didasari oleh data valid berupa hasil penelitian sebelumnya, teori, maupun fakta yang ditulis ke dalam artikel.
3. Menggunakan metode penulisan yang sistematis. Dengan tujuan agar semua informasi dalam arikel dapat di terima oleh masyarakat luas.
4. Menggunakan ragam bahasa yang resmi dan baku. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan bahasa resmi yang bercirikan lugas, logis, denotatif, dan efektif, akan membuat bahasa artikel ilmiah terasa padat, dan berisi.

_Jenis-Jenis Artikel_

1. Narasi

Secara sederhana narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Di dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.

2. Deskripsi

Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal/ keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.

3. Argumentasi

Karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/ kesimpulan dengan data/ fakta sebagai alasan/ bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut.

4. Persuasi

Karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangannya.

Dalam artikel pendidikan tentunya fokus utamanya adalah hal yang berkaitan dengan pendidikan, bisa berdasarkan penelitian, pengamatan ataupun argumentasi, untuk hari ini kita akan berlatih membuat artikel pendidikan dan di fokuskan pada *media pembelajaran*, bapak ibu yang hebat dipersilahkan membuat sebuah artikel singkat tentang media pembelajaran, kita akan diskusikan bersama dan semoga sangat bermanfaat untuk kita semua.

Aki akan coba membagi contoh artikel pendidikan tentang media pembelajaran, (ini pernah di share belum lama)


```*Urgensi dan Manfaat Penggunaan Media dalam Pembelajaran*

Media pembelajaran memiliki banyak manfaat. Dapat menjadi salah satu aspek yang menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Tetapi bukan berarti bahwa media pembelajaran adalah segala-galanya.

Dalam memilih media pembelajaran juga tidak boleh sembarangan. Media pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan pengajaran, juga kontes pembelajaran dan karakteristik peserta didik.

Adapun manfaat penggunaan media pembelajaran, menurut _Nana Sudjana_ adalah sebagai berikut:

a. Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
b. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa.
c. Metode mengajar akan lebih bervariasi.
d. Siswa melakukan kegiatan belajar, seperti mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan.

Kemp & Dayton mengemukakan kontribusi media dalam pembelajaran sebagai berikut:
a. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar;
b. Pembelajaran dapat lebih menarik;
c. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar;
d. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek;
e. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan;
f. Proses belajar dapat berlangsung kapan pun dan di manapun diperlukan;
g. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan;
h. Peran guru berubah ke arah yang lebih positif. ```

Silakan yg lain bisa membuatnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP