TIPS MEMBUAT TULISAN ATAU ARTIKEL



Kadang kita heran ada kawan atau sahabat yg punya kemampuan luar biasa untuk menulis, semua yang dia tulis selalu menarik, ada kalanya saking produktifnya sehari bisa memposting sampai beberapa tulisan sekaligus, kadang multi talent menulis puisi, cerpen, haiku, dalam waktu yang berdekatan, setelah diperhatikan ternyata ada beberapa kemampuan lain yang menjadikan kita penulis yang produktif, diantaranya :

1. Untuk jadi hebat menulis harus hebat membaca, dengan membaca akan memperkaya diksi dan wawasan, jangan pernah malu untuk menanyakan atau mencari arti kata.

2. Tanggap lingkungan, dapat menyerap ide dari pengamatan dan pengalaman serta bisa menuangkan jadi tulisan

3. Kalau bilang menulis itu sulit, itu bohong, anda bisa menulis dengan satu huruf, pilih huruf yg menarik, jadikan kata, jadikan beberapa kata jangan berhenti dan memeriksa, terus sampai menjadi kalimat demi kalimat dan akhirnya paragraf, buat lagi beberapa paragraf dan lihatlah.... Satu artikel telah terbentuk, baca sekali lagi sambil membetulkan typho dan kata yang janggal, setelah itu posting, lihatlah hasilnya.

4. Jangan malu minta pendapat teman yang sudah ahli dan mau mengkritisi, menyenangkan bila awal kita diberikan motivasi, kalau baru sekali berkarya dapat kritik pedas biasanya penulis pemula akan stress dan berhenti, tapi abaikan hal seperti itu kalau mau jadi penulis hebat, teruslah menulis.

5. Sabar dan pasrah apapaun yang terjadi, konsep terpenting jangan menyerah.

6. Mulailah dari sekarang jangan sampai idemu ditemukan orang lain, kadang kita menemukan tulisan yg hampir sama dengan cerita yg akan kita buat, padahal kita sudah menyimpannya lama, jangan salahkan orang lain. Ide jangan disimpan keluarkan jadikan karya.

7. Selalu berlatih menulis, tanpa latihan yang kontinyu dan konsisten tak mungkin kemampuan menulis akan terasah.

8. Menjadikan segala sesuatu yang dilihat, dirasakan  dan dialami sendiri atau orang lain sebagai bahan tulisan atau artikel, buat sebagus mungkin.

9. Jangan pernah menunda keinginan untuk menulis, kalau dulu memang kita disulitkan dengan alat tulis namun sekaran hp anda bisa menjadi alat tulis yg dapat diandalkan.

10. Selalu niatkan menjadikan tulisan atau artikel anda menjadi berguna untuk diri anda terutama dan orang lain pada umumnya, sehingga akan timbul kepuasan bathin dan kelegaan setelah menulis.

Demikian beberapa tips yang bisa dibagi, jadi tunggu apa lagi?
Langsung anda bisa menulis dan menulis adalah anugrah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP