NGABUBURIT

Istilah atau ungkapan yg sering kita pakai atau kita gunakan pada kegiatan yang dilakukan saat sore menjelang buka puasa, ngabuburit digunakan hampir di seluruh jawa barat bahkan di DKI Jakarta, namun bila di alih bahasakan menjadi kurang nikmat terdengar "*Menyore*" atau "*mensenja*" karena arti burit menurut kamus bahasa sunda adalah : sore atau senja.

Ngabuburit berarti jalan- jalan atau menikmati sore menunggu waktu berbuka, waktu ini sering digunakan untuk remaja, anak-anak, dewasa, tua dan muda semua turun ke jalan atau tempat favorit untuk ngabuburit, selalu mencari tempat ramaj, kalau mencari tempat sepi bukan ngabuburit namanya tapi bertapa atau menyepi.

Tempat tujuan ngabuburit sangat beragam, biasanya tempat dimana banyak pedagang makanan untuk berbuka, atau tempat olahraga seperti alun2 dan tempat seperti taman, biasanya juga ngabuburit sejati tidak belanja tapi hanya nongkrong sambil melihat2, ngobrol dan lainnya.

Tipe mgabuburiters yg aneh bin kafir, ngabuburit sambil ngopi, ngerokok bahkan pacaran, ini tipe ngabuburit kafir karena mereka terang2an menyatakan dirinya kafir, tidak puasa tapi ngabuburit, sudah kehilangan esensi dari ngabuburit.

Kumpulan ngabuburiters yg merugi, adalah kumpulan manusia berpuasa namun ngabuburit sambil ngomongin gossip, ngomongin orang dan sebagainya, kumpulan ini sangat merugi hanya mendapatkan haus dan lapar saja, namun pahala puasanya telah lenyap seiring dengan ghibah dan fitnah serta na'mimah yg jadi pokok dalam ngabuburitnya, sayang sekali, ditambah pula dosa ghibah dan fitnah.

Tipe gamers, cenderung tidak peduli, buat mereka ngabuburit sama aja dengan hari biasa, wong setiap hari mereka membuang waktu kok.

Selanjutnya tipe pemirsa televisi, semua sinetron ditonton, dinikmati sampai tidak terasa maghrib tiba, bahkan ada yg tetap terpaku pada tivi sambil makan buka puasa, tipe yg ini cenderung akan gemuk bin gendut selesai ramadhan.

Ngabuburit yang lain adalah tipe olahragawan, mereka ngabuburit dengan melakukan aktivitas olahraga seperti bulu tangkis, futsal, basket atau yg lebih menarik seperti bersepeda dan lari.

Ngabuburit berikutnya adalah pemburu takjil dan makanan berbuka, biasanya ibu-ibu, mereka berkeliling dari satu stand ke stand yg lain sambil melihat display, adakalanya menyimpan di memori untuk makanan takjil besok, lusa dan besok lusa, namun ada kalanya besoknya berubah lagi sesuai request anak atau keinginan pribadi.

Ngabuburiters berikut adalah tipe cucuma cuma cuci mata, gak lebih. Mereka keliling kesana kemari tanpa tujuan sampai terdengar azan maghrib, tipe ini biasanya hanya ada di lingkungan yg sekitar rumahnya karena khawatir kejauhan begitu bedug berbunyi.

Lain lagi tipe yang ini, ngabuburit explorer, tiap sore mulai habis ashar akan bersiap berkeliling namin selalu berusaha mencari tempat baru, tipe penjelajah ini seringkali tidak bisa buka puasa di rumah, biasanya tersesat dan terlalu jauh dari rumah, namun biasanya mereka prepare dengan perbekalan minimal air minum.

Ngabuburit yang sebenarnya ada pada golongan ini, ngabuburit sambil denger ceramah atau lagi diskusi online lewat wa, ya seperti member kagumers yg diskusi agama lewat wa. Mereka adalah orang2 yg beruntung, sudah dapat  berpuasa, dapat pula pahala belajar, luar biasa muslim yg mencari ridho Allah menuju ketaqwaan.

Semoga ngabuburit kita adalah yg berpahala dan bermanfaat untuk yang lain, aamiin yra.

#edisi ramadhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP