COPAS OR SALTEM

Copy paste atau salin tempel sudah bukan hal sulit, setiap saat kita menggunakan fasilitas ini terutama dalam penggunaan komputer dan internet, saltem ini akan menjadi umum ditemukan dimedsoc, diawali oleh seseorang dan terus disaltem sehingga akan banyak sekali  bertebaran salinan2 serupa, kadang kita dapat kiriman dari grup yg berbeda dengan salinan yang sama, yang akhirnya akan menjadi sampah di dunia maya.

Pernah gak anda periksa, galery di hp anda? disitu akan anda temukan gambar2 yg sama , kembaran hasil saltem. Gambar yg akhirnya cuma bikin penuh memori dan membuat lemot hp, apalagi video yg kembar, serta anda juga meng saltem, maka akan tersimpan di galeri anda, akibatnya? Selamat hp anda jadi lemot, selalu mencadangkan pesan, untuk mengatasi masalah ini silakan dihapus file atau gambar dan video yang sama.

Dalam perkembangan komunikasi sebenarnya tidak ada salahnya untuk saltem karena akan mudah buat anda berbagi dan mengirimkan ke siapapun yang anda suka, itu hak anda, namun dalam grup kagum maaf, anda dilarang untuk saltem karya orang lain, kita menghargai hasil karya orisinal, sesederhana apapun karya literasi anda di grup kagum akan sangat dihargai, tapi kalau anda share hasil karya orang lain, maaf.... Segeralah bertobat, karena itu plagiat, hal yg sangat diharamkan dalam penulisan karya ilmiah, anda tidak akan lulus di kagum bila memposting hasil plagiat ataupun saltem.

Hasil karya orisinal sangat penting artinya di kagum, puisi, pantun, senryu, haiku, cerpen, cerbung, dongeng, artikel dan se bagainya, akan punya tempat terhormat di kagum, dipuji, di koreksi tapi tidak menghakimi, di beri saran tanpa membuly, alangkah indahnya, semua bisa jadi penikmat literasi kita, literasi yang indah penghibur jiwa, rasakan oleh anda yg bisa menelurkan karya indah, rasakan oleh anda pementasan karya fenomenal anda sendiri, kebanggaan akan menyeruak dari dalam diri, apresiasi akan berhamburan ke hadapan anda, tapi bila yg anda sampaikan adalah saltem.. Ohh nista sekali, nista maja utama, tak akan ada kebanggaan dengan saltem di grup ini, segeralah berkarya orisinal, agar anda rasakan sensasi berkarya yang hakiki di grup kagum.

Terakhir mungkin aki minta maaf jika selama ini agak keras dengan copas atau saltem, ketidak sukaan akan hasil saltem membuat aki menegur langsung baik di grup atau japrian, namun semua demi menjaga kemurnian grup kagum agar tetap menjadi wadah orisinal, wadah berkarya maksimal dengan para ahli yang handal, semoga terus tanpa aral serta tetap menghasilkan karya terkenal, walau kadang kental, dengan banyol.

#saat ronda_aki
#melepas hajat
240616

Tulisan ini di dedikasikan untuk Anggota Kagum Boray agar tetap berkarya literasi orisinal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP