Menjadi Guru Yang Baik
Guru yang baik adalah guru yang mengajar dengan hati, empati terhadap muridnya, menghargai muridnya sebagai pembelajar. Kesalahan yang dilakukan muridnya bukan dihadapi dengan kecaman, keluhan, atau bahkan kekerasan verbal, apalagi kekerasan fisik.
Guru yang baik adalah guru yang selalu belajar, meningkatkan kompetensi diri, tetapi tetap tidak lupa dengan kewajibannya mengajar di kelas.
Guru yang sibuk pelatihan atau workshop tidak berimbas terhadap hasil belajar siswa dengan tugas mandiri dan terstruktur serta terkontrol
Guru yang baik adalah guru yang merencanakan pembelajarannya, melaksanakan serta mengevaluasinya. Hasil kerja siswa harus diberi umpan balik, sehingga siswa merasakan ada perkembangan akan kompetensinya.
guru yang baik
Punya empati, simpati dan moivasi serta selalu berinovasi
Guru yang baik Mendampingi siswa dengan sayang dan cinta
Guru yang baik selalu disiplin dalam melaksanakan tugas demi agama, bangsa dan negara
Guru yg baik adalah yg selalu berpikir dan bertanya kontribusi apa yg bisa saya berikan dalam posisi apapun dan bukan yg mengejar posisi dan berpikir dapat apa dari posisi itu tanpa kontribusi
jadilah guru yang dicintai
jadilah guru yang diminati
jadilah guru yang dinanti
pencetak generasi cerdas yang berbudi pekerti
mampu mengubah negeri ini
menjadi negeri gemah ripah loh janawi dan baldatun thoyibatun warobbun ghafur
Guru yg hebat adalah:
1) selalu menyambut siswa2nya setiap pagi dengan senyuman dan semangat
2) mampu men-setting kelasnya dengan ceria, tidak kaku, hangat, fleksibel, dengan dinding-dinding yang penuh affirmasi positif dan penuh makna
3) selalu mau belajar, tidak hanya dari literatur-literatur saja, tapi mau bertanya pengalaman guru senior dan teman sejawat
4) menyiapkan dan menguasai materi pembelajaran, serta mau mencari materi pengayaan yang mendukung
5) memahami setiap karakter siswa dan membangun kedekatan secara intens
6) membangun komunikasi secara harmonis tidak hanya siswa tapi juga dengan orangtuanya baik via telepon selular maupun mengadakan kegiatan kunjungan ke rumah
7) menghargai setiap usaha, baik melalui pemberian reward minimal pujian, atau reward bintang prestasi dan tak hanya prestasi aspek kognitif saja, tapi juga afektif dan psikomotor
8) mampu merancang pembelajaran yang menyenangkan, diselingi games dan lagu materi, serta mengakomodir setiap gaya belajar
9) mampu merangsang pengetahuan awal dan memciptakan stimulus keaktifan siswa dengan mengedepankan "student centered learning"
10) mampu membuat evaluasi yang tepat yang sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunan soal, dan melakukan analisis serta tindak lanjut hasil
11) selalu melakukan refleksi setiap selesai mengajar
Guru yang baik adalah guru yang selalu belajar, meningkatkan kompetensi diri, tetapi tetap tidak lupa dengan kewajibannya mengajar di kelas.
Guru yang sibuk pelatihan atau workshop tidak berimbas terhadap hasil belajar siswa dengan tugas mandiri dan terstruktur serta terkontrol
Guru yang baik adalah guru yang merencanakan pembelajarannya, melaksanakan serta mengevaluasinya. Hasil kerja siswa harus diberi umpan balik, sehingga siswa merasakan ada perkembangan akan kompetensinya.
guru yang baik
Punya empati, simpati dan moivasi serta selalu berinovasi
Guru yang baik Mendampingi siswa dengan sayang dan cinta
Guru yang baik selalu disiplin dalam melaksanakan tugas demi agama, bangsa dan negara
Guru yg baik adalah yg selalu berpikir dan bertanya kontribusi apa yg bisa saya berikan dalam posisi apapun dan bukan yg mengejar posisi dan berpikir dapat apa dari posisi itu tanpa kontribusi
jadilah guru yang dicintai
jadilah guru yang diminati
jadilah guru yang dinanti
pencetak generasi cerdas yang berbudi pekerti
mampu mengubah negeri ini
menjadi negeri gemah ripah loh janawi dan baldatun thoyibatun warobbun ghafur
Guru yg hebat adalah:
1) selalu menyambut siswa2nya setiap pagi dengan senyuman dan semangat
2) mampu men-setting kelasnya dengan ceria, tidak kaku, hangat, fleksibel, dengan dinding-dinding yang penuh affirmasi positif dan penuh makna
3) selalu mau belajar, tidak hanya dari literatur-literatur saja, tapi mau bertanya pengalaman guru senior dan teman sejawat
4) menyiapkan dan menguasai materi pembelajaran, serta mau mencari materi pengayaan yang mendukung
5) memahami setiap karakter siswa dan membangun kedekatan secara intens
6) membangun komunikasi secara harmonis tidak hanya siswa tapi juga dengan orangtuanya baik via telepon selular maupun mengadakan kegiatan kunjungan ke rumah
7) menghargai setiap usaha, baik melalui pemberian reward minimal pujian, atau reward bintang prestasi dan tak hanya prestasi aspek kognitif saja, tapi juga afektif dan psikomotor
8) mampu merancang pembelajaran yang menyenangkan, diselingi games dan lagu materi, serta mengakomodir setiap gaya belajar
9) mampu merangsang pengetahuan awal dan memciptakan stimulus keaktifan siswa dengan mengedepankan "student centered learning"
10) mampu membuat evaluasi yang tepat yang sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunan soal, dan melakukan analisis serta tindak lanjut hasil
11) selalu melakukan refleksi setiap selesai mengajar
Komentar
Posting Komentar