Berbuat Baik Dengan Ikhlas

Kadang kita tidak sadar dengan kehidupan ini, setiap hari kita disibukkan dengan rutinitas yangtelah kita jalani bertahun-tahun, tanpa kita sadari sesungguhnya kita hanya melakukan suatu pola yang sama dan berulang. Demikian juga dengan berbuat baik ada yang kita sadari dan memang kita lakukan dengan sengaja atau tidak sengaja, ada kalanya kita melakukan suatu perbuatan baik walaupun baru berupa niat, hebatnya semua perbuatan baik kita walaupun belum dilaksanakan akan mendapatkan pahala.

Berbuat baik dengan ikhlas adalah hal yang sepertinya mudah namun sulit untuk dilakukan, hal sederhana saja yaitu senyum, kadang kita tersenyum hanya kepada orang yang kita kenal saja atau sedang melakukan perbuatan baik pada kita, pernahkah terfikir oleh anda untuk tersenyum kepada orang yang menyakiti kita, mengambil hak kita atau orang lain, menghina kita, sepertinya adalah hal yang mustahil untuk itu dan mungkin anda akan disangka menantang atau juga dibilang takut, entahlah semua itu kadang hanya berupa sesuatu hal yang aneh dan tak mungkin dilakukan.Pernahkah anda berfikir untuk tersenyum disaat sedih? disaat sedang dalam keadaan sulit? sepertinya lebih tidak masuk akal karena bila kita lakukan akan menjadikan orang lain heran atau lebih ekstrimnya dibilang gila.

Bila kita dapat melakukan hal yan tidak biasa maka anda adalah orang yang istimewa, sama seperti berbuat baik dengan ikhlas pasti lebih istimewa lagi misalnya membersihkan WC yang dipakai bersama-sama setiap kali selesai menggunakan, merapikan bekas makan teman-teman kita yang berantakan, menyapu lantai yang kotor, memungut sampah yang kita temui, menanyakan kabar kepada setiap orang yang kita kenal maupun tidak, selalu berusaha menyenangkan orang lain dari pada menyakiti orang lain, senang memberikan hadiah tanpa ada hal istimewa, banyak hal lagi yang dapat kita lakukan dengan ihlas dan jangan terkejut bila anda mendapatkan hal-hal istimewa bila anda lakukan semua dengan ikhlas.

Semakin lama kita renungkan mungkin perbandingan perbuatan baik kita masih lebih sedikit dari perbuatan jelek ataupun perbuatan yang kurang menyenangkan orang lain, baik sengaja maupun tidak disengaja. Semakin kita bandingkan semakin timpang dan jauh rentangannya, andai anda bisa buatlah daftar satu hari ini apa saja perbuatan baik yang anda lakukan dan perbuatan tidak baik yang anda lakukan, bandingkan dan ana akan terpana bila mengetahui mana yang lebih banyak. Bila teryata perbuatan baik anda yang lebih banyak, bersyukurlah karena anda dapat memperbaiki hari-hari anda ke depan dengan perbuatan baik, ila ternyata perbuatan jelek yang lebih banyak segera koreksi dan rubah dengan perbuatan baik esok hari semoga akan menjadikan hidup anda lebih bermakna.

Berani melakukan hal baik?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP