Diet Gratis Sambil Puasa Ramadhan

Ternyata setelah saya telaah sendiri puasa ramadhan memang memberikan berkah luar biasa terhadap kesehatan, terutama untuk orang yang kelebihan berat badan, diabetes, perokok berat, koffie mania dan juga yang ingin langsing sekaligus sehat, gimana tidak baru 2 hari puasa sudah terasa sekali manfaatnya.
Untuk yang kelebihan berat badan dan sulit menjalankan diet, ada teknik puasa agar dalam 30 hari berat badan akan turun antara 5 - 10 kilo bahkan lebih tanpa mengakibatkan sakit apalagi harus opname,
  1. Kuatkan diri anda dengan niat ingin berubah dan berhasil menurunkan berat badan untuk sehat sekaligus mendapat pahala puasa yang terhebat.

  2. Dimulai dari sahur, setiap sahur jangan pernah meminum apapun kecuali air putih hangat sebanyak 1 liter, bila ingin menambah energi dan juga mengurangi rasa tidak enak boleh ditambahkan 1 sendok makan madu dan perasan lemon, ini akan menjaga kadar air dalam tubuh agar tidak dehidrasi.

  3. Selama menjalankan ibadah puasa tetap bekerja seperti biasa dan jangan lupa hindari aktifitas fisik yang berat, jangan berjemur dipanas matahari dan jangan terlalu lama dalam ruang ber AC, karena ternyata bila terlalu lama dalam ruang AC-pun dapat menyebabkan tenggorokan kering,

  4. Jangan lupa tetap sholat wajib dan tambah sholat sunnahnya, dengan gerakan sholat pembakaran kalori akan lebih optimal, apalagi sholat dengan khusuk dan berdo’a dengan menyerahkan diri kepada sang Khalik, nikmat puasa dan menenangkan.

  5. Begitu bedug maghrib biasakan meminum air hangat satu gelas besar kurang lebih 1/2 liter lebih dahulu dan ambil satu mangkuk kolak, ingat satu mangkuk dengan porsi kecil, percuma kalau pakai mangkuk besar dan jauhi panci tempat masak kolaknya, untuk menghindari keinginan nambah, atau boleh buah-buahan yang di campur namun jangan pakai es karena akan meningkatkan keinginan untuk lebih banyak minum es daripada makannya. Selingi dengan minum air hangat lagi, ingat manusia membutuhkan minimal 2 liter air untuk metabolisme tubuh yang baik, atau makan buah-buahan dengan prinsip 3 buah lain warna dengan porsi sedang yang dapat menahan keinginan makan banyak setelah berbuka dan beri jarak sekitar 1 jam sebelum makan utama, atau bisa juga makan utama setelah sholat tarawih.

  6. Segera sholat setelah ta’jil, jangan pernah beri kesempatan untuk makan makanan berat langsung setelah berbuka, karena akan mengakibatkan malas untuk sholat maghrib.

  7. Untuk makan utama perlu digunakan food combine, silahkan baca referensinya, banyak sekali dari teman-teman yang menyarankan kombinasi dari berbagai macam makanan, dengan prinsip yang paling utama karbohidrat jangan dikombinasikan dengan protein, kombinasi utama tetap sayur dengan protein, atau karbohidrat dengan sayur, bingung? baca aja sendiri.

  8. Untuk porsi makan utama, perkecil porsinya, untuk 5 hari pertama biarkan normal namun untuk tiap hari selanjutnya kurangi antara 2-4 sendok sampai akhirnya didapatkan porsi yang tepat, karena ternyata keinginan makan itu terjadinya di otak kita, jadi jangan berfikir makan kita kurang dan anda bisa mengukur sendiri bila dalam 2 hari ternyata badan terlalu cepat lesu ini adalah keinginan otak untuk menambah porsi makan, jangan hiraukan ganti dengan kegiatan lain seperti membaca buku, menulis dan lainnya, anda akan punya buku dengan judul 30 hari memerangi nafsu makan.

  9. Sholat tarawih juga membantu membakar kalori yang kita dapatkan dari makanan utama, semangat sholat tarawih sampai akhir ramadhan untuk pembakaran kalori sempurna. Kalau bisa pilih masjid atau musholla yang agak jauh dari rumah dan usahakan berjalan kaki atau naik sepeda, sekalian bisa bersilaturahmi dengan teman dan tetangga, jangan mampir terus ikut makan ya.

  10. Ingat selalu bahwa kita makan untuk hidup bukan hidup untuk makan.

  11. Bila makanan yang tersedia memang masih banyak, ingat saudara, teman kita yang masih membutuhkan makanan, beri mereka kesempatan untuk menikmati apa yang kita makan dalam 11 bulan kemarin sebelum puasa.

  12. Bila 30 hari dapat terlewati dan terlihat hasilnya, jaga berat badan anda dengan mengatur pola makan pada bulan-bulan berikutnya.

  13. Sekali lagi ingat! bukan orang lain yang akan menjadikan anda sehat tapi diri anda sendiri yang akan menjadikan anda sehat wal afiat.
Semoga bermanfaat, dan sudah saya buktikan tahun kemarin dan alhamdulillah berat badan saya tetap stabil sampai sekarang, juga keluarga saya, kecuali anak saya yang dalam masa pertumbuhan tidak ikut dalam program ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP