Berhenti Merokok Dengan Berpuasa Ramadhan

Sebelumnya ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang diet dalam ramadhan, namun ini juga saya alami langsung dan berhasil juga selama puasa, walaupun tiga bulan kemudian kambuh lagi, hi hi hi.
Proses berhenti merokok ternyata sama persis dengan proses diet yaitu merubah kebiasaan sehari-hari menjadi perubahan selama ramadhan, teknik yang dijalani yaitu :
  1. Niatkan dengan kuat untuk berhenti merokok selamanya, jangan setengah-setengah dengan cara berikan semua rokok anda kepada para pemuda yang sedang bertugas membangunkan sahur, niat disertai amal yang berguna untuk faedahnya jangan lupa berdo’a.

  2. Simpan atau berikan asbak rokok yang ada di rumah anda kepada siapapun yang lewat, kalau bisa kepada pemulung agar lebih bermanfaat.

  3. Jangan pernah beli rokok lagi, atau bila anda orang baik pasti ada saja yang membelikan anda rokok, agar tidak tersinggung ambil rokoknya dan berikan kepada petugas yang membangunkan sahur.

  4. Uang untuk beli rokok dimasukkan ke kotak amal atau berikan kepada orang yang membutuhkan, jangan kaget, Rp. 15.000 X 30 hari anda akan menyumbangkan Rp. 450.000 selama ramadhan.

  5. Keinginan merokok biasanya paling kuat setelah makan, jadi anda bisa kombinasikan dengan teknik diet dalam sahur, tidak makan apapun kecuali minum air putih, mudah-mudahan keinginan merokok mereda.

  6. Pada saat buka puasa makan makanan atau minuman yang tidak merangsang keinginan merokok, jadi sekalian anda mengurangi kopi atau turunan dan sebangsanya seperti Capuccino dan sebagainya.

  7. Setelah makan utama segera mencari buku atau membaca Al Qur’an lebih baik lagi agar keinginan merokok terhambat, hindari menonton TV atau sejenisnya karena bila badan rileks keinginan merokok akan timbul lagi.

  8. Memang berat bila sekaligus, bisa juga dengan mengurangi rokok, namun ini tidak disarankan karena mengurangi rokok hanya mengakibatkan keinginan merokok akan bertambah besar, misalnya sahur 1 rokok, buka puasa 2 rokok, yang terjadi hanya anda mengurangi pengeluaran beli rokok yang biasanya 1 bungkus sehari dan akan kembali ke asal bila ramadhan selesai.

  9. Buat situasi anda melupakan rokok dengan berbagai macam aktifitas yang membuat anda sibuk dan lupa dengan rokok.

  10. Lanjutkan stop rokok setelah ramadhan, efeknya kan terasa setelah 30 hari, jika ingin lebih fresh lagi setelah sholat shubuh jalan kaki ringan selama 30 menit akan memperbaiki sirkulasi udara dalam tubuh,

  11. Tidak akan berhasil bila anda tidak memulainya dari sekarang! anda akan merubah hal yang negatif menjadi positif untuk kesehatan anda.
Demikian sedikit trik memanfaatkan ramadhan dengan optimal, sepertinya banyak sekali yang akan saya buat selama ramadhan ini, semoga berguna untuk semuanya terutama untuk saya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP