Cara Membuat Press Release

Press Release ini adalah tempat atau artikel yang berfungsi untuk memberikan informasi atau berita yang di pakai untuk beberapa aktivitas yang lain seperti siaran press, media launching, maupun pernyataan press launching video yang disebut komunikasi tertulis.

Atau dapat juga di rekam dan kemudian di tujukan pada anggota media berita yang mempunyai maksud untuk menginformasikan maupun memberitahukan hal yang seolah olah jadi berita.

Pada umumnya mereka mengirimnya lewat fax atau dapat juga dengan e-mail ke dalam penugasan surat kabar, ada juga yang di majalah, stasiun radio dapat juga pada stasiun tv.

Dalam era teknologi multimedia pada jaman sekarang, bisa dengan gampang kita temukan press release ini di tiap harinya atau mungkin saja bahkan sering umumnya di publish pada situs, atau dapat juga di tulis di media on-line manapun, termasuk juga pada media jejaring sosial.

Untuk beberapa kelompok cara ini di rasa sangat efisien dalam menumbuhkan dan untuk memperbaharui dapat pula membentuk atau menjaga citra positif pada masyarakat.

Setelah kita tahu tentang press release kemudian kita akan masuk pada cara untuk penulisannya, sebenarnya untuk langkah penulisan dari press release ini seperti wartawan pada umumnya yang menulis berita langsung atau straight news, dengan memakai gaya piramida terbalik. Umumnya dimulai dari membuat light atau teras berita, ini di pakai sebagai paragraph yang pertama yang memiliki kandungan unsur 5W + 1H, jelas dengan rumus 5W+1H ini pasti Anda udah tidak asing lagi.

Selanjutnya  kita akan mengulas tentang karakteristik dan Susunan Naskah untuk siaran Press, seperti apa? Karakteristik serta susunan dari penulisan siaran untuk press ini sama juga dengan penulisan berita. Anda harus  pahami kalau karakter press ini mempunyai nilai berita yakni aktual, penting dan menarik.

Susunan Contoh Penulisan Press Release yang Baik dan Benar 

Pada intinya sama dengan penulisan susunan untuk naskah berita:
- Head
- Judul
- Dateline
- Baris tanggal Lead
- Teras berita
- New body/tubuh atau isi berita

Untuk berikutnya kita mengulas tentang format siaran untuk Press release. Kita ketahui biasanya untuk instansi press ini adalah instansi resmi, yang pastinya mempunyai format khusus di dalam naskah siaran press, kemudian bagaimana untuk membuat format yang baik untuk siaran press ini?
Berikut ini langkah-langlahnya :
Bagian atas Naskah yang mempunyai isi untuk ditayangkan segera atau untuk ditayangkan tanggal (…) Ini akan lebih baik. Untuk Headine atau judul siaran press ini baiknya harus menggambarkan isi dari siaran press.Untuk Detailnya baris tanggalnya memuat nama kota serta tanggal. Untuk content atau siaran press, terdiri dari lead/Teras serta ada tubuh berita. Jangan sampai lupa untuk mencantumkan informasi tentang instansi atau lembaga yang mengirim launching, di bagian akhir naskah. Berikan informasi kontak, Kemudian cantumkan di bawahnya dengan nama, alamat instansi, nomor telepon, fax, e-mail, situs serta termasuk juga Kontak person yang bisa untuk dihubungi.

Contoh Press Release

Derawan Berlian Yang Tersembunyi 

Kepulauan Derawan mungkin saja akan amat terasa asing untuk Anda. Akan tetapi untuk beberapa penggemar wisata bahari, tempat itu mempunyai sejuta pesona yang pastinya dapat untuk dinikmati, kepulauan derawan ini ada di laut Sulawesi, tepatnya pada pesisir yang ada di Berau, Kalimantan Timur pastinya, ia menghadap ke mulut muara sungai kelai atau dapat di kenal dengan Delta Berau.

Bila Mau menuju ke sana penerbangan yang dimuai dari Jakarta cuma sampai pada Baik papan, selanjutnya dari Balikpapan ini Anda dapat juga melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat kecil dengan tujuan tanjung redeb ini adalah ibu kota Kabupaten Berau.

Sesudah ini Anda dapat menggunakan speedboat dan untuk menuju pulau Derawan itu memerlukan waktu sepanjang satu jam, Nah dalam perjalanan nanti kelelahan Anda Akan terbayar dengan keindahan yang ada ditempat itu.

Di pulau Derawan ini mempunyai beberapa cottage untuk Anda pakai beristirahat, lantaran di temani dengan hamparan pasir putih dan air yang bersih serta jernih, ini akan membuat pikiran anda kembali jernih hingga menjadikan Anda nyaman serta tenang.

Pada pulau Derawan itu ada sebanyak 460 bentuk karang yang tidak sama, hingga inilah yang membuat pulau Derawan ini makin populer dengan mempunyai keragaman kerang keras tertinggi kedua yang ada di Dunia tidak hanya Raja Ampat yang ada di Indonesia sisi timur.

Di sana juga mempunyai gugus-gugus karang seperti moras, Gasogan, Baliulin, Masimbung, dan sebagainya.

Untuk mencapainya Anda tidak perlu sampai ke tengah laut lantaran ini dapat Anda jangkau cuma 100 meter dari bibir pantai dengan cara Anda menyewa snorkel dengaan harga Rp. 50.000/hari ini sudah bisa untuk Anda pakai untuk menikmati keindahan terumbu karang serta dapat juga melihat dengan beragam bentuk ikan.

Atau di sana Anda dapat juga untuk menyewa perlengkapan SCUBA (Self Containing Underwater Breating Aporotus) dengan kisaran harga kurang lebih Rp. 400.000. Apakah ini Mahal? Jelas tidak, lantaran peru Anda ketahui kalau pulau itu adalah satu diantara tempat untuk penyelaman terbaik yang ada di dunia.

Keindahan yang lain dari Pulau Derawan ini juga merupakan tempat untuk habitat penyu hijau yang langka serta paling besar yang ada di Indonesia. Beberapa binatang karang yang langka ada di Indonesia Timur ini seperti keong ada juga di sini.

Dengan keanekaragaman bentuk koral, ikan-ikan serta biota karang yang juga menjanjikan surga dunia wisata yang tidak akan terlupakan untuk Anda.

Demikian selintas tentang press release, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP