SAHUR

Sahur adalah makan dan minum sebelum melaksanakan puasa di hari itu, tapi tahukah kalau ternyata sahur itu adalah persiapan kita menghadapi sekitar 13 jam tanpa makan dan minum, jadi apakah penting sahur itu?

Sahur sangat dibutuhkan manusia yg akan berpuasa karena saat sahur adalah saat dimana tubuh mendapat makanan dan minuman yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Namun tahukah kalau makanan yg kita makan waktu sahur akan tercerna dengan sempurna setelah 2-4 jam saja? Apa yang terjadi pada pencernaan bila tidak ada yg dicerna? Tubuh akan mengambil dari cadangan glukosa dan lemak dari tubuh kita, oleh sebab itu puasa sangat dibutuhkan manusia, karena akan menstabilkan tubuh.

Sahur yang baik adalah makan makanan yg tidak sulit dicerna, karena kalau kita sahur pakai sate kambing, sop kambing, steak atau Soto babat akan mengakibatkan tubuh sulit mencerna makanan berat, juga nyusahin semua kecuali kita lagi ada di hotel, itupun kalau lagi ada pelatihan baru bisa makan pakai daging,

Sebaiknya makan makanan sehat yang ada dan seadanya.Lambung sebaiknya diberikan makanan yg mudah dicerna saat sahur, misalnya bubur, nasi tim, atau makanan lunak lainnya, jangan khawatir, lapar adalah sinyal dari tubuh ke otak saat tidak ada makanan yg dicerna, bila didiamkan maka rasa lapar kadang hilang karena tubuh sudah mendapatkan penggantinya dari lemak yg jadi cadangan tubuh.

Selain itu sebaiknya sahur memperhatikan komposisi makanan jangan asal kenyang, ada vitamin. Buah mineral protein seimbang, kurangi lemak dan karbohidrat untuk membuat tubuh ideal.
Jadi sahur adalah hak tubuh untuk mendapatkan bekal memghadapi puasa serta merupakan sunnah jangan sampai ditinggalkan walaupun hanya dengan seteguk air.
Selamat berpuasa.

Edisi ramadhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KEGIATAN UJIAN PRAKTEK PENJASORKES

RPP BERDIFERENSIASI PJOK SMP